Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2021

AKSI NYATA MODUL 3.1. Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Gambar
 Kamis, 30 September 2021 3.1.a.10 Aksi Nyata Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran “DILEMA ETIKA PEMBERIAN IJIN MEMBAWA HANDPHONE PADA SISWA DITENGAH DITERAPKANNYA ATURAN TIDAK BOLEH BAWA Handphone Oleh : Fourin Indhira Megapratiwi, M.Pd , CGP Angkatan 2 Kab. Lombok Barat a.      Facts   1.      Latar Belakang tentang situasi yang dihadapi Kejadian ini melibatakan seorang murid saya di kelas 9 B b ernama Saka Urwiyanti yang menghubungi saya pada suatu malam terkait satu masalah yang dimilki. Masalah yang disampaikan melalui chatting whattup kepada saya berisi ungkapan kesedihan dan kegalauan hati Saka Urwiyanti, yang sampai kelas 9 dan hampir 3 bulan belajar di semester ganjil, belum memilki akun belajar id. Hal ini membuat Saka tidak bisa bergabung belajar dalam classroom kelas 9 B yang selama ini berlangsung,   sehingga Saka merasa kurang bersemangat belajar karena ada beberapa informasi yang tidak   bisa dia peroleh karena tidak bisa bergabung ke goo

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 20, Senin- Ahad 20 - 26 September 2021

Gambar
  REFLEKSI MINGGUAN CALON GURU PENGGERAK MINGGU KE 20, 20 September – 26 September 2021 JURNAL MINGGU KE 20 Fact ( Peristiwa) Tanpa terasa 20 minggu sudah kegiatan PPGP saya lalu bersama rekan CGP lainnya. Dalam minggu ke 20 ini, aktivitas makin menarik dan menantang karena kami telah sampai pada kegiatan eksplorasi konsep, ruang kolaborasi pengerjaan dan presentasi serta refleksi terbimbing. Aktivitas pada eksplorasi konsep, kami dalam kelompok kecil yang baru dibuat bapak fasilitator diminta untuk mendiskusikan  bagaimana sumber daya yang ada pada masing masing sekolah kami untuk kemudian di inventaris dan disusun sebagai bahan untuk mengkaji apa saja kekuatan dan kelemahan dari setiap asset yang dimilki sekolah. Kegiatan ini sangat menarik, karena selama ini kami sebagai guru tidak pernah berfikir akan membahas asset yang dimilki sekolah, apalagi untuk menganalisa dan menyusun peta kekuatan dari asset yang ada di sekolah masing masing. Hasil diskusi kemudian kami presentasikan d

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 19 : " Aku dan Komunitasku" , Senin-Ahad 13-19 September 2021

Gambar
SEKOLAHKU TERCINTA SMP NEGERI 4 GERUNG JURNAL MINGGU KE 19 PROGRAM GURU PENGGERAK ANGKATAN 2 Perjalanan kegiatan PPGP telah sampai pada minggu ke 19, sebagai CGP Angkatana ke 2, banyak sekali kisah yang mewarnai perjalanan sampai titik ini. Kadang muncul perasaan khawatir akan bisa atau tidak mneyelesaikan semua program sesuai rencana, namun karena di setiap sesi selalu ada hal menarik, itu menjadi semangat tersendiri untuk kembali semangat dan bergairah. Minggu ini kegiatan yang harus saya tuntaskan adalah tentang koneksi antar materi antara modul 3.1 dengan semua modul sebelumnya. Materi tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah sebuah materi yang terkait langsung dengan bagaimana saya sebagai seorang guru menjalanakan peran yang tidak saja mentranfers pengetahuan, namun bagaimana saya harus dapat mengambil sebuah keputusan atas sebuah masalah yang muncul dengan tepat dan sebaik baiknya. Kegiatan modul 3.1 di akhiri dengan menyususn aksi nyata yang telah saya

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1

Gambar
  “MENGAJARKAN ANAK MENGHITUNG ITU BAIK, NAMUN MENGAJARKAN MEREKA APA YANG BERHARGA/UTAMA ADALAH YANG TERBAIK” (TEACHING KIDS TO COUNT IS FINE BUT TEACHING THEM WAHAT COUNT’S IS BEST,    BOB TALBERT ) Makna dari kalimat itu menurut saya sebagai seorang pendidik atau orang tua, perlu dan penting membekali anak dengan ilmu pengetahuan apapun namun yang lebih penting dan   utama adalah membekali anak dengan nilai-nilai luhur kehidupan yang akan membentuk karakter mereka secara moral menjadi anak yang beriman, berbudi luhur dan berakhlak mulia.   Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pada kegiatan Koneksi Antar Materi MOdul Pengambilan Keputusan sebagai PEmimpin Pembelajaran diawali dengan beberapa pertanyaan pemantik, yang mengulas tentang bagaimana pengambilan keputusan dapat dilakukan oleh seorang guru, dampaknya terhadap proses pembelajaran bagi murid dan kendala yang dijumpai selam proses pengambilan keputusan.Berikut jawaban saya terhadap rangkaian pertanyaan pemantik terkait proses p