Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2021

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3 Penyusunan Program Berdampak Pada Murid

Gambar
 Jum'at 15 Oktober 2021 KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3 PENYUSUNAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID   Perjalanan program guru penggerak ( PGP) tak terasa telah sampai pada modul akhir 3.3 yang mengkaji tentang bagaimana penyusunan program yang berdampak pada murid. Dalam kesempatan ini, saya akan mecoba membuat koneksi antar materi dari modul 3.3. dengan semua modul sebelumnya. Mengawalai ulasna saya , ada kutipan KHD yang sangat menarik. “ Maksud pengajaran dan Pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat). ”  Dari kutipan tersebut, intisari yang saya pahami adalah bahwa dalam suatu proses Pendidikan dan pengajaran yang disusun dan dirancang dengan keberpihakan terhadap murid, Pendidikan yang berpihak pada murid akan memberikan kesempatan seluas luasnya kepada murid untuk mengembangkan segala kompetensi, minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila yang beriman

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Gambar
                                                            REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3                                PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID                              Fourin Indhira Megapratiwi, M.Pd, CGP Angkatan 2 Kab. Lombok Barat Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?  ·      Hal menarik setelah mempelajari materi modul 3.3 tentang pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid adalah bahwa bahwa Menyusun dan merencanakan sebuah program atau kegiatan di sekolah haruslaha memeilki dampak positif kepada murid secara keseluruhan , dan dalam penyususnan program harus selalu memeprhatikan asset atau modal yang ada dan diilki sekolah yang akan menjadi kekuatan dalam melakukan semua program dan praktik baik di sekolah. Dalam upaya pemanfaatan asset sekolah, dapat dilakukan dengan mengidentifikasi dan melakukan pemetaan asset sebagai modal sekolah yang berpotensi untuk pengembangan sek

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 21, Minggu - Senin 26 September - 3 Oktober 2021 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Gambar
  REFLEKSI MINGGUAN CALON GURU PENGGERAK MINGGU KE 21, 26 September – 3 Oktober  2021 JURNAL MINGGU KE 21   FACT ( Peristiwa) Kegiatan minggu ke 21 diawali dengan kegiatan Lokakarya 5 yang dilaksnakan secar tatap muka di Hotel Aruna , Senggigi, Kab. Lombok Barat. Hiburan sekaligus silaturahmi dengan semua CGP dan Pengajar Praktik se Kabupaten Lombok Barat.  Bahagia dan bersemangat mewarnai kegiatan hari itu. Sejak pagi pukul 07.00 wita, saya sudah mempersiapkan diri untuk menuju Hotel Aruna yang berjarak kurang lebih 40 km dari rumah. Tetapi karena semangat dan rasa rindu bertemu teman teman, jarak itu tak menjadi kendala. Lokakarya menjadi satu kegiatan yang kami nantikan karena menjadi salah satu wadah melepas rindu berjumpa rekanCGP se kabupaten Lombok Barat dan sarana melepas sejenak kepenatan dari segala aktivitas rutin dan tugas dalam kegaiatan Guru Penggerak. Kegiatan diawali dengan melakukan refleksi dengan mengungkapkan perasaan setiap CGP hari ituyang harus dituangk