Rabu, 9 Juni 2021 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL-MENERAPKAN INKUIRI APREIATIF MEMALUI BAGJA
TABEL
BAGJA DALAM PENDEKATAN INKUIRI APRESIATIF
PRAKARSA PERUBAHAN |
Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat pertanyaan (Define) · Membuat daftar pertanyaan utama yang akan menentukan arah
unvestigasi kekuatan/potensi/peluang · Menggalang atau membangun koalisi dengan tim perubahan |
1.
Apa yang menyebabkan siswa sulit
memahami materi pewarisan sifat? 2.
Media pembelajaran apa yang dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi Pewarisan sifat?
|
1.
Mengamati respon siswa daalam
proses pemebelajaran materi Pewarisan sifat 2.
Membuat media alternatif guna
membantu siswa lebih mudah memahami materi Pewarisan siat dan belajar lebih
menyenangkan. |
A-mbil pelajaran (Discover) · Menyususn pertanyaan lanjutan untuk menemu/kenali
kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi? · Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh
data, diskusi kelompok kecil/besar, survey individu,multi unsur. |
1.
Apa kelebihan media belajar yang
dibuat dalam memudahkan pemahaman siswa terkait materi pewarisan sifat? 2.
Semangat belajar siswa yang selalu
nampak saat pembelajaran IPA 3.
Keterampilan memodifikasi alat
atau media pemebelajarn untuk membantu memudahkan pemahan siswa pada materi
pewarisan sifat |
1.
Media altenatif sederhana memiliki
kelebihan pada sumber bahan yang mudah dan cara menggunakan yang relative mudah
untuk dilakukan. 2.
Terus menyemangati semangat
belajar siswa dengan memberikan pembelajaran yang lebih meneyenangkan. 3.
Mencari tahu Teknik membuat media
sederhana yang dapat membantu pemahaman
siswa pada materi pewarisan sifat. |
G-ali mimpi (Dream) · Menyusun deskriptif kolektif bilamana inisiatif terwujud · Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi
unsur (kapan,dimana saja, siapa saja) |
1.
Apakah siswa akan lebih mudah
memahami materi dengan media pemebelajaran yang dimodifikasi 2.
Apakah saya merasa puas dengan penggunaan
media alternatif sebagai media belajar saya? 3.
Apakah media alternatif ini dapat
juga digunakan untuk pengembangan pemahaman pada materi yang lebih kompleks? |
1.
Membuat media bantu sederhana yang
lebih menarik bagi siswa dalam upaya memudahkan pemahaman siswa. 2.
Mengembangkan media yang sudah ada
dengan inovasi baru yang lebihbkreatif dan menyenangkan dan men\libatkan
siswa. |
J-abarkan rencana (Design) · Mengidentifikasi Tindakan konkret yang diperlukan untuk
menjalankan Langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera dan Langkah
berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian. · Menyususn definisi kesuksesan pencapaian. |
1.
Apakah bahan bahan untuk membuat
media alternatif sedrhana mudah untuk didapatkan? 2.
Apakah siswa dapat dengan mudah
membuat secar mandiri alat bantu belajar pewarisan sifat? 3.
Bagaimana tahapan menyusun media
pembelajaran yang lebih menarik? |
1.
Merancang dan menyususn media pembelajarn
yang menarik dan inovatif 2.
Bersama siswa membuta media
pembelajaran yang menyenangkan 3.
Merancang lembar kerja penyusunan
media pembelajaran sederhana. |
A-tur eksekusi (Deliver) · Menentukan siapa yang berperan/dilibatkan dalam pengambilan
keputusan · Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas. |
1.
Siapa saja yang akan saya libatkan
dalam mewujudkan rencana ini? Berperan sebagai apa? 2.
Kapankah kegiatan ini akan
dilaksanakan? |
1.
Mengajak rekan satu rumpun mata
pelajaran untuk membuat media pembelajaran yang inovatif 2.
Diawal semester sebelum materi dan
proses pemebelajarn di mulai. 3.
Pelibatan siswa bisa lebih banyak,
siswa sebagai pelaku atau subjek yang akan memanfaatkan media pembelajaran
yang dibuat, guru sebagai fasilitator. |
Komentar
Posting Komentar