Pertemuan ke 4 ....*MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH*, Senin, 12 April 2021, bersama ibu Nora






 

"Assalamualaikum, selamat siang, dan salam sejahtera buat Bapak/Ibu hebat yang berada di seluruh Indonesia."

Demikian  Bu Rita membuka kegiatan siang ini .Hari ini adalah pertemuan ke 4 dalam kegiatan belajar menulis gelombang 18, dan pertemuan pertama diawal bulan puasa tahun ini. Edisi pertama kelas siang selama bulan Suci Ramadhan. Pada kesempatan ini Bu Rita berperan sebagai moderator kegiatan.
Narasumber kita pada hari ini adalah ibu Nora dari Semarang beliau merupakan alumni Belajar Menulis gelombang 8. Sebelum mulai Bu Rita  menyampaikan susunan acara, sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Paparan narasumber (1 jam)
3. Tanya jawab (1 jam)
4. Penutup.
Kegiatan diawali dengan  Berdoa sesuai keyakinan kita masing-masing , bagi yang beragama Islam dengan membaca Basmallah bersama-sama.
Tibalah saatnya Bu Nora memulai acara dengan memberi salam .
membaca  Alhamdulillah dan membuka dengan salam.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,,

Selamat siang bapak ibu hebat semua. puji syukur kehadirat Allah SWT kita dapat melaksanakan kembali agenda rutin belajar menulis PGRI yang diadakan tiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Dan siang ini merupakan edisi perdana selama bulan Ramadhan

Selamat siang bapak ibu hebat semua. puji syukur kehadirat Allah SWT kita dapat melaksanakan kembali agenda rutin belajar menulis PGRI yang diadakan tiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Dan siang ini merupakan edisi perdana selama bulan Ramadhan. Dilanjut dengan sesi perkenalan oleh bu Nora. Beliau adalah guru IPA dan Prakarya di SMP 8 Semarang, dan memiliki 3 orang anak. Beliau aktif menulis dan telah memiliki produk berupa beberapa buku....Teknik parafrasa itu salah satu cara merujuk suatu tulisan atau lebih dikenal dengan KUTIPAN. Nah ada 2 jenis kutipan, yaitu kutipan langsung dan tak langsung. Parafrasa adalah salah satu cara mengutip secara tak langsung

Nah *bagaimana caranya memparafrase?

Kita dapat mengikuti panduan dari  OWL Purdue, yaitu :

1. Bacalah kembali teks asli sampai Anda  benar-benar memahami isi dari teks tersebut

2. Singkirkan teks/naskah asli tersebut dan tulislah ulang gagasan dalam teks tadi dalam sebuah kertas.

3. Buatlah daftar beberapa kata penting dari naskah asli. Ini akan membantu Anda untuk mengingatkan kembali isi dari kalimat pada naskah asli tersebut.

4.kembangkan kata-kata penting tadi menjadi sebuah kalimat utuh dengan gaya bahasa Anda sendiri. Pilih diksi yang mudah dipahami oleh pembaca

5.Bandingkan tulisan parafrase Anda tadi dengan naskah aslinya untuk mengecek apakah semua gagasan, terutama gagasan yang penting telah tercantum dalam hasil parafrase tersebut.

6. Gunakan tanda petik ganda untuk mengidentifikasi istilah-istilah khusus, terminologi, atau frase yang Anda pinjam dari naskah asli, dan yang Anda ambil sama persis dengan naskah asli.

7. tuliskan sumber (termasuk halaman) pada kertas catatan Anda sehingga ini mempermudah Anda untuk menuliskan sumber pustaka atau referensi, bila Anda bermaksud mengambil parafrase tersebut.

Materi hari ini sungguh memberi motivasi luar biasa bagi saya untuk terus menulis, menulis dan menulis sambil terus belajar.

Belajar menulis gelombang18

Selasa 12 April 2021

Narsum Ibu Nora

Komentar

  1. pertanyaan diskusiny kmren sangat menarik bu... semangat terus menulis bu..😊💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inngih bu......saya sangat ter8nspirasidan termotivasi dari teman teman penulis yang hebat🙏🙏👍👍

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3 Penyusunan Program Berdampak Pada Murid

Elaborasi Pemahaman Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pengambilan Pemimpin Pembelajaran

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID