Rabu, 9 Juni 2021 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL-MENERAPKAN INKUIRI APREIATIF MEMALUI BAGJA

 



TABEL BAGJA DALAM PENDEKATAN INKUIRI APRESIATIF

 

PRAKARSA

PERUBAHAN

Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

·       Membuat daftar pertanyaan utama yang akan menentukan arah unvestigasi kekuatan/potensi/peluang

·       Menggalang atau membangun koalisi dengan tim perubahan

1.     Apa yang menyebabkan siswa sulit memahami materi pewarisan sifat?

2.     Media pembelajaran apa yang dapat  membuat siswa lebih mudah memahami  materi Pewarisan sifat?

 

1.     Mengamati respon siswa daalam proses pemebelajaran materi Pewarisan sifat

2.     Membuat media alternatif guna membantu siswa lebih mudah memahami materi Pewarisan siat dan belajar lebih menyenangkan.

A-mbil pelajaran (Discover)

·       Menyususn pertanyaan lanjutan untuk menemu/kenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi?

·       Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survey individu,multi unsur.

1.     Apa kelebihan media belajar yang dibuat dalam memudahkan pemahaman siswa terkait materi pewarisan sifat?

2.     Semangat belajar siswa yang selalu nampak saat pembelajaran IPA

3.     Keterampilan memodifikasi alat atau media pemebelajarn untuk membantu memudahkan pemahan siswa pada materi pewarisan sifat

1.     Media altenatif sederhana memiliki kelebihan pada sumber bahan yang mudah dan cara menggunakan yang relative mudah untuk dilakukan.

2.     Terus menyemangati semangat belajar siswa dengan memberikan pembelajaran yang lebih meneyenangkan.

3.     Mencari tahu Teknik membuat media sederhana yang dapat  membantu pemahaman siswa pada materi pewarisan sifat.

G-ali mimpi (Dream)

·       Menyusun deskriptif kolektif bilamana inisiatif terwujud

·       Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan,dimana saja, siapa saja)

1.     Apakah siswa akan lebih mudah memahami materi dengan media pemebelajaran yang dimodifikasi

2.     Apakah saya merasa puas dengan penggunaan media alternatif sebagai media belajar saya?

3.     Apakah media alternatif ini dapat juga digunakan untuk pengembangan pemahaman pada materi yang lebih kompleks?

1.     Membuat media bantu sederhana yang lebih menarik bagi siswa dalam upaya memudahkan pemahaman siswa.

2.     Mengembangkan media yang sudah ada dengan inovasi baru yang lebihbkreatif dan menyenangkan dan men\libatkan siswa.

J-abarkan rencana (Design)

·       Mengidentifikasi Tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan Langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera dan Langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian.

·       Menyususn definisi kesuksesan pencapaian.

1.     Apakah bahan bahan untuk membuat media alternatif sedrhana mudah untuk didapatkan?

2.     Apakah siswa dapat dengan mudah membuat secar mandiri alat bantu belajar pewarisan sifat?

3.     Bagaimana tahapan menyusun media pembelajaran yang lebih menarik?

1.     Merancang dan menyususn media pembelajarn yang menarik dan inovatif

2.     Bersama siswa membuta media pembelajaran yang menyenangkan

3.     Merancang lembar kerja penyusunan media pembelajaran sederhana.

A-tur eksekusi (Deliver)

·       Menentukan siapa yang berperan/dilibatkan dalam pengambilan keputusan

·       Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas.

1.     Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan sebagai apa?

2.     Kapankah kegiatan ini akan dilaksanakan?

1.     Mengajak rekan satu rumpun mata pelajaran untuk membuat media pembelajaran yang inovatif

2.     Diawal semester sebelum materi dan proses pemebelajarn di mulai.

3.     Pelibatan siswa bisa lebih banyak, siswa sebagai pelaku atau subjek yang akan memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat, guru sebagai fasilitator.

 

 

 


Belajar menyenangkan memamaki media Kerucut Genetika


Media belajar Kerucut Genetika sederhana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3 Penyusunan Program Berdampak Pada Murid

Elaborasi Pemahaman Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pengambilan Pemimpin Pembelajaran

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID