Guru Penggerak.Modul 1.1
Blog 1. Guru Penggerak, Selasa 14 April 2021
Modul 1.1 – Mulai dari diri
Hari ini
Selasa 14 April bertepatan dengan hari ke 2 puasa di bulan Ramadhan, aku
mengikuti kegiatan Calon Guru Penggerak untuk Modul 1.1 sesuai jadwal yang
diberikan. Program Pendidikan Guru Pengerak
ini adalah satu terobosan baru dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan
untuk memberikan pelatihan pada semua guru guna menjadi seorang pemimpin
pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar, menciptakan proses
pembelajaran yang nyaman dan bahagia bagi peserta didik dan dan yang dapat
menciptakan pembelajaran yang aktif dan inovatif. Program ini direncanakan
cukup lama kurang lebih selama 9 bulan. Suatu kegiatan yang tidak mudah, namun
juga tidak sulit untuk dilaksankan jika didasari keinginan dan motivasi kuat
untuk menjadi pendidik yang lebih baik lagi. Pasti akan ada hambatan dan
kesulitan selama perjalanan pelatihan yang cukup lama, namun dengan prinsip MERRDEKA
BELAJAR semua bisa teratasai. Belajar mandiri mulai dari diri, diramu dengan
elaborasi, eksplorasi, diskusi, kolaborasi, refleksi, koneksi dan aksi nyata
maka tujuan dari program guru penggerak akan dapat tercapai.
Tibalah jadwal
yang ditunggu, tepat jam 09.00 wita, aku membuka lap top dan masuk ke sistem
LMS Guru Penggerak. Alhamdulillah semua pekerjaan rumah telah selesai
kukerjakan, dan waktu saat ini kurasa tepat untuk menengok LMS Guru Penggerak.
Tema Hari Ini Modul 1. Paradigma dan Visi Guru Penggerak. Kegiatan aku awali
dengan mengisi instrumen evaluasi kegiatan Lokakarya perdana yang hari Sabtu
tanggal 10 April 2021 terlaksana di Hotel Aruna Senggigi. Selanjutnya aku
memulai aktvitas untuk kegiatan 1.1.A Reflkesi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki
Hajar Dewantara. Pada bagian ini, setiap Calon Guru Penggerak akan diajak
melakukan releksi tentang pola pendidikan KI Hajar Dewantara dihubungkan dengan
proses pendidikan yang sedang berlangsung di Indonesia. Setiap dari CGP diajak
untuk merefleksi diri, sejauh mana pengetahuan dan pemahaman diri tentang
Prinsip Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Selanjutnya ksetiap CGP diminta untuk
menganalisis apa saja harapan dan ekspektasi sebagai guru terhadap proses
pelatihan guru penggerak yang sedang berlangsung, dan apa saja harapan terhadap
pendidikan di Indonesia ke depan. Semua terangkum dalam rangkaian pertanyaan
yang diberikan sistem untuk kemudian dijawab oleh setiap CGP. Berikut hasil
refleksi diri dalam modul 1.1 ini.
MULAI DARI DIRI
Tulisan Reflektif Kritis
Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran.
Dasar dan landasan pendidikan Ki
Hajar Dewantara menempatkan kemerdekaan belajar sebagai hal yang sangat
penting. Setiap peserta didik dalam hal ini anak-anak memiliki kebebasan dalam
belajar, mengembangkan kemampuan raga, karsa dan rasa yang dimiliki. untuk itu pola pendidikan yang diterapkan
menempatkan proses pembelajaran yang merdeka tanpa adanya paksaan sehingga
setiap anak yang menjalani proses pembelajaran dapat berkembang dengan sebaik
baiknya. Pendidikan Ki Hajar Dewantara juga mengedepankan pendidikan yang
berdasar pada budi pekerti yang mulia. Hal ini sangat penting menjdai dasar
bagi perkembangan mental anak-anak yang akan menghadapai kehidupan nyata pada
akhirnya.
Relevansi pemikiran KHD dengan
konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah saya.
Pendidikan Indonesia saat ini
memiliki relevansi yang sangat erat dengan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara
dimana konsep pendidikan saat ini menekankan pada terbentuknya peserta didik
yang berkarakter. Karakter disini tidak lain sama seperti yang diterapkan oleh
Ki Hajar Dewantara dalam menerapkan pendidikan berbasis rasa, karsa dan raga
serta berbudi pekerti luhur. Indonesia
dengan segala masalah pendidikan yang ada, membutuhkan generasi penerusyang
berkualitas, berkarakter dan berbudi luhur sehingga dapat menyambut segala
tantangan di era modern yang terus berkembang. Sementara proses pembelajaran
yang terjadi di sekolah saya, juga tidak lepas dari penerapan dasar pendidikan
Ki Hajar Dewantara, dimana penanamana budi pekerti dan pembiasaan karakter yang
baik menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk terus dikembangkan dan
ditindaklanjuti. secara singkat, apa yang menjadi dasar pemikiran KI Hajar
Dewantara terkait pendidikan, sangat sesuai dan sangat cocok untuk diterapkan
di dunia Pendidikan Indonesia saat ini guna mencapai tujuan pendidikan nasional
secara umum
Apa saja kegiatan, materi,
manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
kegiatan yang saya harapakan
.Apakah Anda merasa sudah
melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas
sebagai guru?
sebagaian ya, dalam proses
pembelajaran yang saya lakukan, apa yang menjadi dasar dan prinsip pendidikan
Ki Hajr Dewantara selalu coba saya
lakukan, meski mungkin belum sesempurna yang diharapakan oleh Ki Hajar
Dewantara. Pembelajaran berbasis penanaman budi pekerti dan pembentukan karakter
selalu saya upayakan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan. Saya pribadi
merasa sepaham dengan Ki Hajr Dewantara bahawa kecerdasan intelektual harus
diimbangi dengan budi pekerti luhur dan karakter pribadi yang baik. Karena
sungguh tidak berarti ilmu tanpa budi pekerti, dan karakter yang baik. Namun
saya tetap harus terus membiasakan diri menerapkan nilai nilai luhur dari
prinsip pendidikan Ki Hajr Dwantara.
2. Harapan dan Ekspektasi
Apa saja harapan yang ingin Anda
lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Harapan saya, setelah mempelajari modul ini, saya pertama lebih memahai konsep
dan prinsip dasar merdeka belajar seperti yang di amanhkan Ki Hajar Dewantara,
kedua saya berharap dapat
mengimplementasikannya dalam menjalankan fungsi dan peran saya sebagi seorang
guru dalam proses pembelajaran.
Apa saja harapan yang ingin Anda
lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
saya berharap murid-murid saya
memiliki kesempatan untuk merdeka dalam belajar, dalam mengembangkan segala
potensi dan bakat yang dimiliki, mengembangkan karsa dan mmemiliki budi pekerti
luhur
Apa saja kegiatan, materi,
manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
kegiatan yang saya harapakan
dalam, modul ini, seperti dasar dari konsep MERRDEKA belajar, ada ada kolaborasi,
elaborasi, eksplorasi, koneksi demonstrasi dan aksi nyata selama proses
pendidikan, dan materi yang saya harapakan dapat mendukung proses merrdeka
belajar, sehingga manfaat yang ingin saya peroleh nantinya saya dapat menjadi
pemipmpim pembelajaran yang baik, meciptakan pembelajaran yang nyaman dan
bahagia bagi siswa, meningkartkan sikap positif peserta didik terhadap
pembelajaran dan dapat menggerakkan komunitas belajar yang ada di lingkungan saya.
Semangat para calon guru penggerak....
Semoga semua usaha dan niatan mulia dimudahkan Allah swt......
Komentar
Posting Komentar